Ah, Teori

Teori lahir dari praktek, bukan sebaliknya. Inilah beberapa “teori” radio itu.

Radio 2.0

Integrasi dunia teknologi informasi dan ulasan situs-situs menarik dari dunia radio siaran.

Programa

Belajar dari program-program dan stasiun radio-radio menarik. Semoga terinspirasi.

Sosok

Belajar dari tulisan dan ulasan dari sosok-sosok inspiratif di dunia radio.

Suara

Rekaman-rekaman suara yang diunggah ke web. Ada yang menyebutnya podcast.

Home » Radio 2.0, Suara

Tutorial Video Membuat Podcasting dengan Audacity (Bag.1)

Submitted by on 23 September 2007 – 5:54 am10 Comments | 2,778 views

Alhamdulillah, akhirnya setelah tertunda sekian lama, workshop online podcasting yang berlangsung di yahoogroups kembali dimulai. Mohon maaf sekali kepada para peserta karena berbagai peristiwa susul menyusul yang terjadi jadi menghambat proses belajar kita. Nah, berhubung kali ini kita sudah memasuki bagian yang lebih teknis, saya putuskan untuk membuat tutorial videonya yang tersedia di youtube, multiply atau bisa anda download juga langsung ke komputer anda dari situs ini. Anda mungkin harus mendownload Quicktime untuk menjalankan file video tersebut. Detil lengkap akan saya sampaikan di akhir artikel ini. Namun terlebih dahulu ada beberapa hal yang perlu diketahui:

Beberapa Perbedaan Sistem dan Versi Audacity:
Tutorial video ini saya buat dengan menggunakan Audacity versi 1.3.3 (beta) yang dijalankan di sistem MacOS 10.4.10. Konsekuensinya ada beberapa tampilan yang berbeda dengan tampilan audacity yang biasa di jalankan di komputer berbasis windows. Namun demikian perbedaannya tidak terlalu mendasar dan akan dijelaskan di tutorial tersebut.

Apa Yang Dibahas di Bagian Pertama ini:
Tutorial video bagian pertama ini akan membahas soal proses input/ merekam dengan audacity, bagaimana mengatur volume/ level rekaman dan menyimpan/ save file. Diasumsikan bahwa komputer atau laptop anda sudah memiliki mikrofon internal. Penggunaan mikrofon eksternal serta proses transfer dari alat rekam (analog atau digital) akan saya bahas dalam bagian terpisah.

Informasi Lain:
Tutorial ini cocok untuk mereka yang benar-benar memulai dari dasar. Akan lebih lengkap lagi jika anda mendownload file pdf pengantar bagian 1 dan 2 yang tersedia di bagian download dari situs ini.

Untuk tanya jawab atau diskusi bisa dilakukan di mailing list suarane. Alamatnya ada di bagian bawah artikel ini. Pertanyaan lain juga bisa diajukan ke email saya di jafmail[at]gmail.com. (Mohon cantumkan “TUTORIAL PODCASTING” di bagian subyek agar mudah saya identifikasi.

Anda Belum Mendownload Audacity?
Silahkan download softwarenya di alamat http://audacity.sourceforge.net/. Tersedia untuk sistem Windows, Mac ataupun Linux. Namun demikian saya belum tahu apakah software ini berjalan sempurna di Windows Vista. Audacity juga tersedia dalam dua versi yaitu Versi 1.2.6 atau versi 1.3.3. Versi terakhir adalah versi terbaru yang masih dalam status beta dan belum stabil. Pilihan ada pada anda. Untuk informasi lengkap tentang cara menginstall, silahkan download tutorial file pdf bagian dua dengan mengklik menu download di bagian atas situs ini.

KETERANGAN UNTUK MENDOWNLOAD TUTORIAL VIDEO:

Selanjutnya untuk tanya jawab, diskusi atau berbagi pengalaman silahkan mendaftar di mailing list yahoogroups dengan alamat: http://groups.yahoo.com/group/suarane/.

Semoga bermanfaat!

-JaF / Rane

Popularity: 21% [?]

10 Comments »

  • ladokutu says:

    Mas Rane, saya sudah mendownload videonya dan memutarnya dengan gomplayer, tapi kok diam aje, indak ado suaronyo do…???

    player yang tidak membutuhkan codec apa yach?

  • sarwandi says:

    Saya udah rekam dari kaset dengan audacity, tetapi hasil filenya banyak banget. Untuk mengkonversi ke MP3 gimana caranya.

    JaF: lho, kan audacity bisa nyimpan ke dalam format mp3 mas.. Pilih saja EXPORT lalu pilih MP3

  • wandi says:

    Makasih, sekarang sudah berhasil
    Satu lagi yang masih perlu petunjuk; jeda waktu antara lagu ke lagu lain terlalu pendek. Bagaimana cara menambah jeda waktu supaya setelah dipotong-potong ada waktu kisaran 5 detik sebelum mulai lagunya ataupun sesudahnya.

  • Adhon says:

    saya udah rekam lagu saya ,
    tp koq wktu nge’save dia minta lame_enc. dll
    udh d’download tp npa masih gk bisa ???

  • Rane says:

    Waktu mau save, dia akan minta Lame_enc.dll. Ikuti petunjuk yang ada, tinggal cari saja dimana file lame_enc.dll itu disimpan dan pilih. Proses ini hanya sekali. selanjutnya kalau mau save tidak perlu lagi cari lame itu. Selamat mencoba

  • yadi says:

    mau numpang nanya siapa tau ada solusi. sy ngerekam suara pertama kemudian di stop dan merekam lagi suara yang kedua (ceritanya pingin nyatuin suara gtu)tapi hasilnya kok ga barengan ya kayak kejar kejaran (g nyatu suaranya) kenapa ya, mohon bntuannya..

    Mas Yadi: dia terkesan kejar2an karena kedua tracknya hidup. Coba deh direkam di satu track, atau saat mendengarkan salah satunya di matikan suaranya.

  • Afif says:

    Mas saya ngerekam Pake hp Sih..
    Dan formatnya wav Cuma ko suaranya turun naik
    Semacem fide in-fide out gituhh.
    Bisa nggak biar suaranya jadi stabil.
    Terus buat misahin antara suara R sama L gimana yahh..?
    Thanks
    —-

    Mas Pram,
    boleh tahu jenis voice recordernya? Bisa jadi karena jenis mikrofonnya yang merekam semua suara di latar.

    Salam
    Rane

  • wawan says:

    mau tanya,gimana caranya miksing lewat audicity ??
    mohon bantuannya..
    —-
    Ada di video tutorialnya mas. Itu namanya mixing kan

  • chichi says:

    kalau saya mo di jadikan karaoke tpi ada suara di waktu tertentu’a bsa nggak,,,, cont: waktu penyanyi’a lgi nge’rap suara’a di hidupin,,,, soal’a ane ngga bsa nge’rap

    : Harusnya bisa mas. Pindahin ke track lain aja suaranya. Tapi memang nggak semua bisa dihilangin vokalnya. Tergantung waktu direkamnya seperti apa aslinya.

    Salam

  • yaampuuun bantu dong, ini mau save nya gak bisa2. udah ngikutin petunjuk tapi tetep aja gak ngerti. bisa tolong di perjelas lagi gak gimana cara nge save nya, langkah2nya gitu.

    Rane: Halo Annissya, bisa lebih spesifik nge save yang gimana? Kalau ngesave ke MP3 ada kok petunjuknya. Coba lihat di bagian “download”. Ada file yang memang harus di download. Kalo masih belum jelas email aja ya ke rane.hafied at gmail.com

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.