Blog: Cara Pengucapan Bahasa Asing

Bayangkan ini: Seorang penyiar bersuara bagus, bicaranya menarik, tapi ketika menyebut kata-kata dalam bahasa Inggris, misalnya judul lagu atau nama penyanyi asing, pengucapannya belepotan dan salah. Apa reaksi kalian? Kalau saya jadi ilfil dan malas mendengarkan, semalas si penyiar untuk sekedar mencari tahu cara penyebutannya sebelum membuka mikrofon.

Ada memang yang menganggap itu bukan masalah besar. “Kita kan bukan orang bule. Wajar saja tho,” itu salah satu alasan seorang teman penyiar . Tapi buat saya kita sebagai penyiar harus berusaha sebisa mungkin untuk mengucapkan kata-kata bahasa asing dengan setepat-tepatnya. Itu prinsip!

Nah, kalau ada yang berprinsip sama, ini ada beberapa tips mudah tanpa harus jadi bule ­čśÇ

 

1. Pelajari Cara Pengucapan di Kamus

Carilah kamus yang dilengkapi dengan petunjuk cara pengucapan. Itu cara paling mudah. Tentu harus pelajari dulu simbol-simbol pengucapannya. Misalnya:

pen dibacanya /pen/
bad dibacanya /b├Žd/
tea dibacanya /tiː/

Bingung membacanya? Petunjuk cara membaca simbol-simbol itu ada di halaman awal kamus. Atau bisa juga dipelajari di sini untuk versi kamus Oxford. BBC malah punya kumpulan video keren untuk belajar pronounciation. Wajib dipelajari.

 

2. Pakai Google Translate

Tidak ada waktu atau malas untuk belajar lagi? Oke deeh. Coba buka Google Translate dan coba ketikkan satu kata dari bahasa Inggris ke Indonesia atau bahasa lain. Di bagian kanan bawah ada ikon speaker. Klik ikon itu untuk mendengarkan cara pengucapannya. Misalnya ini cara pengucapan kata pronounciation. Memang suaranya agak aneh karena diucapkan oleh mesin. Tapi lumayan lah.

googletranslate
Perhatikan anak panah merah

 

3. Tanya Mbak Emma

Iya betul. Tanya Mbak Emma atau lengkapnya http://emmasaying.com/ Ini situs keren yang dimulai di tahun 2012 untuk  berbagi cara pengucapan untuk setiap kata dalam bahasa Inggris. Saya menemukan ini saat mencari cara penyebutan nama grup band rock 90-an STYX. Ada yang menyebutnya es ti wai ex tapi ternyata ini penyebutan yang benar menurut mbak Emma. Beberapa cara pengucapan nama orang terkenal juga ada di sini.

Ada lagi situs keren yang menggunakan teknik crowd sourcing alias mengajak orang lain untuk menyumbang rekaman suara cara pengucapan suatu kata dalam beberapa bahasa asing. Alamatnya di http://www.howtopronounce.com/

 

4. Belajar Mendengarkan

Ini cara yang bermanfaat untuk jangka panjang. Coba dengarkan acara-acara radio bahasa Inggris, atau cari video-video di youtube dan cermati cara-cara pengucapannya.

~~~

Nah, jadi sekarang nggak ada alasan untuk salah mengucapkan lagi, kan? Kita pun akan terdengar lebih profesional dan pastinya lebih keren sebagai seorang penyiar.

Ya, tapi kalau ada yang berprinsip┬ábahwa salah mengucapkan kata asing itu bukan masalah karena dialek┬ákita berbeda dengan lidah bule, ingat satu hal: “dialek” itu tidak selalu sama┬ádengan “cara pengucapan.” Coba cari pidato Bung Karno di Youtube dan perhatikan bahwa bahasa Inggris beliau cenderung medok, tapi cara pengucapannya benar. Itu baru keren!

Terakhir, saya mau tinggalkan teman-teman dengan dua PR berikut ini:

PR #1: Coba cari tahu cara pengucapan nama penyanyi┬á“Pharrell Williams” atau “David Guetta.” Ini dua nama penyanyi yang paling sering saya dengar diucapkan dengan seenaknya oleh penyiar radio.

PR #2: Ini sekilas mudah. Coba cari tahu cara pengucapan nama Presiden AS “Barack Obama,” terutama untuk nama pertamanya. Siapa tahu cara kalian selama ini salah.

 

Selamat siaran!

[rh]

Man, I really miss being behind the microphone.. *curcol mode on* ­čÖé

­čÖé

7 thoughts on “Blog: Cara Pengucapan Bahasa Asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *