Episode 24 – Bapakku dan Cerita-cerita Horornya

Ada yang pernah dengar nama Riyono Pratikto (alm)? Beliau adalah salah satu sastrawan Indonesia, penulis cerpen yang sangat produktif dan khususnya dikenal lewat cerita-cerita horornya. Namanya bisa disejajarkan dengan sastrawan Indonesia seangkatannya seperti Pramoedya Ananta Toer, Ajip Rosidi, Nugroho Notosusanto dan lain -lain.

H.B. Jassin menjulukinya sebagai “Anak Ajaib” dan “Pengarang Cerita-cerita Seram.” Ajip Rosidi pernah membandingkan beliau dengan Edgar Allan Poe dalam hal keseraman ceritanya dan dengan Alfred Hitchcock dalam hal kepiawaian mengelola ketegangan. Sementara Pramoedya Ananta Toer menyebut beliau sebagai penulis yang punya tempat tersendiri dan seakan membuat dunia tersendiri.

Episode kali ini akan mencoba mengenali beliau lebih dekat melalui cerita sang anak dan juga lewat pembacaan salah satu cerpennya. Bisa didengarkan di Soundcloud, Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, Anchor dan berbagai aplikasi podcast lainnya dengan kata kunci “suarane” atau dengar langsung di bawah ini:

Keterangan:

Buku-buku kumpulan cerpen karya Riyono Pratikto bisa dibeli di Google Playbooks. Selengkapnya klik tautan di bawah ini

  1. Ba: Kumpulan Cerita Pendek
  2. ca: Kumpulan Cerita Pendek

Atau hubungi Riyogarta Pratikto di email: me[at]riyogarta.com atau https://www.facebook.com/riyogarta

Credits:

  • Cerpen “Karaben” karya Riyono Pratikto dibacakan atas seizin putranya, Riyogarta Pratikto. Thanks, Riyo!
  • Musik yang dipakai di episode ini: “Carpe Diem” dan “Colorless Aura” karya Kevin MacLeod (incompetech.com). Licensed under Creative Commons: By Attribution 3.0 License
  • Sound effect: freesound.org
  • Cover: Sisipan “Kaki Langit” Majalah Horison No. 99, Maret 2005 (Sumber: Researchgate.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *