Everfilter: Aplikasi Filter Foto ala Anime

UPDATE – 10 Dec 2016: Aplikasi ini ternyata melakukan pelanggaran hak cipta dengan menggunakan efek awan dan warna dari karya sutradara anime Makoto Shinkai terutama dari karya film anime terbarunya Kimi No Na Wa. Developer aplikasi ini sudah menyeluarkan pernyataan resmi di Twitter untuk meminta maaf dan menariknya dari Playstore. Sayang ya.

UPDATE 2- 12 Dec 2016: Ada juga tudingan yang menyebut bahwa aplikasi ini tidak aman karena bisa dipakai untuk mengambil data pribadi pengguna. Ulasan lengkapnya di sini.

___

Bagi yang hobi menggunakan aplikasi filter foto, ini ada rekomendasi aplikasi baru yang namanya “Everfilter“. Aplikasi buatan Jepang ini baru saja dirilis bulan lalu dan langsung hits di negara asalnya, dan juga di Thailand,  Cina dan Korea.

Aplikasi ini mengklaim menggunakan teknologi artificial inteligence seperti Prisma app yang ngetop itu. Bedanya, aplikasi ini sangat sederhana dan tidak ada pilihan macam-macam filter. Kita hanya diminta mengupload foto dan.. simsalabim! Akan langsung diubah. Hanya ada dua pilihan, yakni efek foto siang hari (dengan dominasi biru cerah dan awan putih) dan malam hari (dengan dominasi warna merah bata). Itu saja. Lihat di bagian akhir untuk contoh foto yang saya ambil.

Apa istimewanya dibandingkan aplikasi filter lain? Penggemar film-film anime Jepang pasti akan senang dengan filter ini. Buat saya hasilnya sekilas mengingatkan pada gambar-gambar di film animenya Studio Ghibli bahkan kabarnya aplikasi ini dibuat untuk menyamai nuansa gambar di film anime yang lagi top saat ini, Kimi No Na Wa (Your Name) yang memang mirip sekali sih. Warna khas pastel yang cerah membuatnya sangat menarik.

TIPS:

  • Aplikasi ini akan lebih maksimal jika dipakai untuk filter foto-foto pemandangan alam atau bangunan. Beberapa kali mencoba untuk foto selfie, hasilnya biasa saja menurut saya (atau memang karena modelnya kurang kece aja sih hahaha)
  • Kita tidak bisa banyak mengatur hasilnya. Jadi ada unsur kejutan di sini. Untuk hasil maksimal, coba ambil foto dengan dominasi langit. Aplikasi ini akan memberikan efek awan yang dramatis dengan warna khas pastel.
  • Jika belum puas dengan hasilnya, coba ulang, karena hasilnya akan berbeda-beda.

Everfilter bisa diunduh di sini (Android) atau di sini (iOS), atau juga bisa coba versi online di sini.

Cocok buat foto-foto jalan-jalan. 🙂

Selamat berkarya. Mau dong di tag kalau sudah coba.. Tag saya di Facebook atau Instagram atau bagi linknya di bagian komentar di bawah ini ya. Thanks

Tautan terkait:

Cek juga artikel dari Macworld ini tentang 10 aplikasi foto yang menggunakan teknologi Artificial intelligence.

 

Beberapa contoh foto yang saya ambil (klik pada foto untuk memperbesar)

 

 

 

 

 

Tags: , ,
Previous post
Next post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *