Blog: Hari Radio Sedunia 2016

WRDbannerEN(blue) for web

Tanggal 13 Februari ditetapkan oleh PBB sebagai hari Radio Sedunia atau World Radio Day. Ya mungkin ada yang belum tahu. Atau bahkan mungkin mendengar radio saja sudah tidak pernah ya? Masih ingat kapan terakhir mendengarkan radio?

Radio adalah medium penyiaran tertua di dunia, medium dengan jangkauan audiens terbesar di dunia, medium komunikasi paling kuat dengan biaya paling minimal dengan jangkauan paling cepat dibanding media apapun. Ah, Anda orang radio pasti tahu itu. Tapi pertanyaan saya tadi bukan buat Anda. Pertanyaan saya ini lebih ke pendengar: masihkah Anda mendengarkan radio? Kapan terakhir dengar radio? Boleh tahu, dong. Tulis saja di kotak komentar di bawah.

~~~

Setiap tahun tema Hari Radio Sedunia ini berubah-ubah. Namun buat saya pribadi ada pesan yang tetap harus sama, persis seperti yang saya katakan pada Hari Radio Sedunia tahun 2013 silam saat diajak ngobrol teman-teman Voice of Indonesia, RRI:

Jangan berhenti mengajukan pertanyaan apa yang sudah kita -orang radio- lakukan untuk membuat pendengar terus tertarik mendengarkan. Kalau pertanyaan itu tidak pernah muncul, wajar kalau radio suatu saat akan mati karena ditinggalkan pendengarnya.

~~~

Oya, tema Hari Radio Sedunia kali ini adalah peran radio di masa darurat dan bencana, seperti yang tercermin dalam Special Broadcast, World Radio Day tahun 2016yang bisa didengarkan di bawah ini:

 

~~~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *