Blog: Menanti Mengudaranya “Radio Facebook”

finalhero

Memasuki 2017 ini salah satu yang paling saya tunggu-tunggu adalah mengudaranya radio Facebook. Oke, sorry, saya mungkin terlalu semangat. Namanya sebenarnya bukan itu. Nama resminya adalah “Facebook Live Audio.” Eh tapi coba bayangkan ini: Kelak di Facebook suara Anda, kita, saya, siapa saja, bisa mengudara secara langsung. Catat ya: suara! Apa namanya kalau bukan radio? 🙂

Fitur Live Audio di Facebook diumumkan di penghujung tahun 2016 lalu. Seperti yang ditulis di laman blog mereka, Facebook merasakan ada kebutuhan penggunanya untuk bercerita dengan menggunakan audio, bukan video. Apalagi untuk daerah dengan koneksi internet yang masih blangsak. Mereka juga menilai seringkali orang lebih suka mendengar ketimbang menonton karena mendengar bisa disambi dengan pekerjaan lain.

Masih menurut laman blog Facebook, kelebihan fitur itu nantinya adalah:

  • Kita akan bisa menikmati siaran audio secara langsung (iya kan, apa namanya kalau bukan radio? hehe) meskipun ponsel dalam keadaan terkunci dan tersimpan di kantong, misalnya.
  • Kita bisa tetap bisa mendengarkan sambil menggunakan ponsel untuk tujuan lain. Anda bisa melakukan itu sambil mendengarkan audio dari video? Oh, tidak. Begitu ponsel kita kunci, atau kita keluar dari Facebook, tentu video dan audionya sekaligus akan berhenti.

Dengan kata lain, Facebook memanfaatkan kelebihan paling tak tersaingi dari media audio atau radio, yakni bisa disambi dengan mengerjakan hal lain seperti mengemudi, olahraga, memasak, bekerja, browsing dan lain sebagainya. Satu hal yang tidak akan pernah bisa dilakukan oleh video.

Okeee, jadi kapan nih, Zuck? Konon kabarnya mereka sudah bekerjasama dengan beberapa pihak, salah satunya lembaga penyiaran tertua di dunia BBC, untuk menguji coba fitur audio ini. Saya sendiri belum pernah menemukannya. Ada yang sudah pernah coba?

Selanjutnya, fitur audio live ini sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna Facebook pada -ini lagi-lagi saya kutip dari laman blog Facebook: “early next year” alias awal tahun ini.

Hey, Zuck, ini sudah awal tahun, bro!

Kapan? Kapaan?

Awas aja kalo ente PHP

🙂

-Rane

 

2 thoughts on “Blog: Menanti Mengudaranya “Radio Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *