Pelatihan Strategi Media untuk Aktivis LSM Perempuan

Kemarin seharian memberikan pelatihan strategi media kepada para aktivis LSM perempuan dari berbagai kota di Indonesia.

Pada dasarnya pelatihan ini diberikan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana membuat strategi media, strategi media sosial dan juga tentang menghadapi wawancara dari media serta membuat talkshow.

Berbeda dari pelatihan biasa, atas permintaan penyelenggara saya lebih banyak fokus pada praktek, mulai dari mengidentifikasi media lokal, membuat siaran pers, menyusun strategi media sampai -yang paling seru- membuat berbagai simulasi menghadapi pertanyaan wartawan, dan diakhiri dengan membuat simulasi talkshow.

Teknik ini ternyata membuat pelatihan lebih marak, karena peserta benar-benar diajak untuk terlibat langsung. Hands on terhadap berbagai situasi sehingga tidak membosankan, dan -semoga- lebih lekat di ingatan. Catat!

Saya sudah biasa memberikan pelatihan yang kebanyakan pesertanya cenderung pasif walau sampai jungkir balik sekalipun, tetapi kali ini peserta luar biasa aktifnya. Semangat jadinya..

Satu contoh menarik adalah ketika beberapa diantara mereka saya minta untuk menerima wawancara dari para wartawan, dan yang menjadi wartawan adalah sesama peserta sendiri. Mereka sudah saya brief untuk memainkan peran-peran tertentu yang tidak diketahui oleh para nara sumber. Hasilnya mengejutkan karena mereka bisa menjawab pertanyaan para “wartawan” itu dengan baik.

Namun lebih dari itu, alih-alih mengajar, saya malah belajar banyak dari mereka tentang berbagai isu perempuan, anak dan isu sosial lain di level akar rumput. Mereka luar biasa artikulatif dan menguasai berbagai permasalahan. Ini terlihat ketika secara dadakan saja saya minta mereka untuk jadi nara sumber tentang berbagai isu perempuan dan anak.

Thank you, ladies! Semangat terusss !

Terima kasih juga untuk Program Pemberdayaan Perempua (MAMPU) Universitas Sidney dan Australia Awards untuk kepercayaannya. 

* Oya, seharian berinteraksi dengan para perempuan hebat ini, gue baru nyadar kalau gue paling ganteng..

(Iya kaleee.. lo jelas kalah cantik, broh)

IMG-20170507-WA0000 mampu1 mampu2

Previous post
Next post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *