14676686_317100565331110_7349133357822771200_n

Podcast: Semua Tentang Konten

Mengajar dan belajar itu batasannya tipis. Lagi-lagi saya menyadari ini ketika menjadi pemateri di acara Lokakarya Podcast untuk Para Pecinta Buku yang diadakan oleh Koalisi Seni Indonesia bekerjasama dengan Penerbit Mizan pada hari Sabtu, 15 Oktober lalu.

Sedianya saya mau menggunakan pendekatan yang biasa saya gunakan dalam berbagai kesempatan workshop podcast sebelumnya yang sangat teknis. Namun sehari sebelum acara dimulai, saya terpikirkan untuk lebih memberi perhatian pada konten ketimbang aspek teknisnya. Apalagi kali ini temanya lebih terfokus pada “Pecinta Buku.”

Aspek teknis tentu harus disentuh juga pada akhirnya, tapi sejak awal saya hanya memberikan pemahaman yang sangat mendasar sekali, mulai dari apa itu podcast yang tidak lain hanya file suara yang diunggah ke internet, sampai teknik mengisi suara yang saya ambil dari pengalaman sehari-hari saja. Selanjutnya saya malah lebih terfokus pada menyusun struktur acara podcast dan berdiskusi dengan peserta tentang apa saja yang bisa dibuat dengan podcast. Paling akhir -dan ini justru paling penting- peserta dibagi berdasarkan kelompok lalu saya minta membuat sebuah podcast yang semua saya serahkan kepada kreativitas mereka masing-masing.

Hasilnya buat saya sangat menggembirakan. Podcast itu yang terpenting memang tentang konten. Duabelas peserta yang dibagi dalam tiga kelompok masing-masing bisa menghasilkan satu buah podcast bertema buku dengan tema dan gaya yang beradam dan  bisa diunduh dan didengarkan di bawah ini atau ke playlistnya di Soundcloud.

Terima kasih untuk Koalisi Seni Indonesia dan Penerbit Mizan. Apa yang saya bagi ini sangat mendasar sekali, tapi semoga bermanfaat. Ada yang memang memberi saran untuk juga fokus ke hal teknis karena itu bagian tersulit. Tapi percayalah, bagian tersulit itu adalah membuat konten. Soal teknis, saya dengan senang hati akan membantu teman-teman di luar lokakarya kemarin. Hubungi saja saya di wa atau email.

Terima kasih untuk para peserta, karena saya juga banyak belajar dari teman-teman semua dan juga pastinya senang karena bisa dapat teman baru. Oya, buat para peserta jangan lupa tantangan podcast individunya ditunggu sampai tanggal 19 ini. Ada hadiah keren dari Penerbit Mizan berupa 2 bookset Jostein Gaarder. Ada yang kurang jelas, bisa hubungi saya di WA (sudah punya dong nomor saya) atau email 🙂

Credits:
– Foto: Instagram Koalisi Seni Indonesia
– Musik latar: Incompetech.com

Tags: , , ,
Previous post
Next post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *