radio-atlas

Radio Atlas: Radio Dengan “Subtitle”

Acara-acara audio atau podcast atau radio atau apapun orang menyebutnya ada di mana-mana di muka bumi ini dan pasti banyak yang menarik. Sayangnya tidak semua bisa kita pahami karena kendala bahasa. Namun kendala itu sedikit banyak teratasi berkat gagasan Eleanor McDowall, seorang producer radio di Inggris yang menciptakan apa yang disebutnya Radio Atlas.

Gagasan Radio Atlas ini sebenarnya sederhana sekali, yakni acara radio atau podcast yang diberi subtitle terjemahan. Bagaimana caranya? Simpel saja. Sebuah acara radio digabungkan dengan video yang diberi subtitle.

Jujur awalnya saya termasuk yang kurang sreg dengan gagasan Radio Atlas ini. Radio kok ditonton.. Radio itu didengar! Tapi ternyata setelah menyimak beberapa episode Radio Atlas ini, saya tetap menemukan sensasi mendengarkan. Apalagi acara-acara yang berbahasa non Inggris yang diterjemahkan di Radio Atlas ini benar-benar dipilih yang menarik. Sensasi mendengarkan itu tetap kita dapatkan karena di layar video sendiri hanya ada terjemahan itu sendiri.

Menerjemahkan Acara Radio

Gagasan awal penerjemahan acara yang bersifat audio sebenarnya bukan barang baru. Pengalaman saya membuat acara radio dan podcast di beberapa radio internasional menuntut banyak sekali melakukan penerjemahan dari berbagai bahasa. Biasanya ini dilakukan dengan dua cara:

Pertama, memproduksi ulang acara itu. Dengan teknik ini sebisa mungkin kita berusaha mendekati program aslinya tentu dengan bahasa aslinya. Cara ini tidaklah mudah, karena akan banyak menghilangkan nuansa dari program aslinya, sebisa apapun kita mencoba mendekatinya.

Kedua, mempertahankan audio program aslinya, namun kemudian “menimpa”nya dengan audio terjemahan. Cara ini sedikit banyak memang mempertahankan nuansa acara aslinya, tapi buat saya pribadi tidak nyaman untuk didengarkan karena telinga harus kerja keras antara menyimak terjemahannya dengan acara aslinya.

Banyak program-program dokumenter audio keren yang harus didengarkan apa adanya lengkap dengan suara musik latar, suara ambience, sampai ekspresi suara yang jelas akan berubah ketika diterjemahkan.

Radio Atlas membuat nuansa program aslinya itu tetap ada, karena tidak ada yang diubah kecuali subtitle yang membantu kita untuk memahaminya. Ini ide sederhana yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Salut McDowal dengan proyek pribadinya ini.

Silahkan tonton.. eh dengarkan radio atlas di www.radioatlas.org.

My Dad The Supernova

Saya baru mendengarkan beberapa episode, tapi sejauh ini saya rekomendasikan program berbahasa Belanda berjudul “My Dad The Supernova” produksi tahun 2015.

Episode ini bercerita tentang interaksi Maartje Duin dengan ayahnya yang mengidap penyakit Alzheimer sehingga ingatannya memudar. Maartje lalu berusaha memulihkan ingatatan masa lalu sang ayah yang seorang Astronomer, termasuk mengajaknya mengunjungi observatorium tempat sang ayah dulu bekerja. Semua itu direkam dan dikemas dalam sebuah dokumenter audio yang sangat menarik.

 

 

 

 

 

Previous post
Next post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *