Episode 11 – Riyogarta dan Seduh Kopinya



Podcast Suarane kali ini ngobrol tentang serba-serbi kopi bersama Riyogarta Pratikto, pemilik kedai Seduh Kopi di Tangerang Selatan yang mengkhususkan pada kopi-kopi yang diseduh secara manual. Apa maksudnya diseduh secara manual? Benarkah kopi enak itu harus pahit? Benarkah merokok justru merusak cita rasa kopi? Pokoknya segala macam soal kopi kita obrolin.

Gue sudah kenal lama dengan Rio dan keluarga sejak zaman kita sama-sama hobi blogging. Tapi baru belakangan ini dia rupanya tertarik mengembangkan hobinya pada kopi dan semua dia ceritakan di Facebooknya. Gara-gara itu gue tertarik untuk tahu lebih banyak, termasuk pengetahuannya yang luas soal kopi.

Silahkan didengar di player berikut ini atau langsung dengar di akun Soundcloud gue di sini.Β Jangan lupa add gue di Soundcloud ya πŸ™‚



 

*Catatan Teknis:
Di Episode kali ini juga gue mulai pakai ukulele untuk musik pembuka dan penutup, termasuk juga sebuah lagu cover di akhir wawancara. Sebuah lagu dari Bob Marley yang bertemakan kopi. Lebih asik lagi kalau episode ini didengarkan sambil ngopi.. Mantap! πŸ™‚

Di episode ini juga gue mencoba menggunakan software “Levelator” untuk levelling suara. Selama ini proses levelling semua unsur suara gue lakukan secara manual di Audacity dan itu sangat memakan waktu. Buat yang tertarik pakai Levelator, bisa didownload secara gratis di conversationsnetwork.org/levelator. (Tersedia buat OS, Windows dan -yes- Linux. Sayang sofware ini sudah “final” dan tidak di update lagi oleh pengembangnya. Semoga terus compatible.

-rh-

7 thoughts on “Episode 11 – Riyogarta dan Seduh Kopinya

  1. Kopi memang selalu bisa membuat banyak cerita. Ada temen gw yg dulunya kagak doyan kopi sama sekali (waktu itu tahunya cuma kopi sachetan) dan tiap kali ngopi lambungnya pasti langsung rewel, trus gw cekok ama kopi seduh yg asli, eh sekarang doi malah doyan ngopi, dan tanpa gula ..

    Oiya, dua kata yang notable di episode ini: “males ngingetnya” .. cuma dua kata tapi berjuta histori ..

    Btw, thank you ocehan-ocehan podcast-nya bang Rane, menghibur dan sesuatu banget dah ..

  2. Sama-sama bang Rane. Gw bukan ahli seduh, cuma penikmat aja btw. Oiya, happy new year. Di tahun ini moga episode-episode podcast-nya dimasukin ke feed, jd bisa gw denger pake Antenapod, meski bisa sih pake SoundCloud app juga.

    Cheers.

    1. Thanks Aris. Selalu. Kan feednya udah diset untuk selalu share ke iTunes dll. BTW, Antonapod itu keren ya.. Jadi install deh. Topp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *