Survei Podcast Indonesia 2019

Dalam beberapa tahun terakhir podcast menjadi medium yang semakin diminati di Indonesia. Rasanya hampir setiap saat ada saja podcast baru yang hadir. Bahkan di grup Line Messenger Komunitas #PodcastIndonesia, tempat para podcaster dan pendengar podcast berbagi informasi, puluhan update episode-episode baru terus menerus bermunculan setiap hari, dari berbagai tema dan genre.

Nah, melihat semakin pesatnya perkembangan podcast di tahun 2019, digelarlah survei ini sepanjang bulan Desember 2019 yang diawali dengan mengumpulkan masukan dari sejumlah podcaster tentang apa saja yang ingin mereka ketahui dari para pendengar. Hasilnya terkumpul 359 responden dari berbagai kalangan dengan mayoritas Laki-laki (69.5%) dan kebanyakan di kelompok usia 21-25 tahun (39,3%) dan 26-30 tahun (18,5%). 80% lebih berdomisili di 5 provinsi di Pulau Jawa dengan maoritas di Jakarta (40,3%).

Secara keterwakilan sampel memang rasanya para survei ini belum bisa dianggap menggambarkan skena podcast di Indonesia secara luas. Memang perlu ada survei yang lebih besar dengan responden lebih besar seperti yang pernah dilakukan oleh Daily Social di tahun 2018. Namun dengan segala keterbatasannya, hasil survei ini lebih ditujukan sebagai bekal masukan kepada teman-teman podcaster di Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas konten mereka di tahun 2020.

Jajak pendapat ini mencoba untuk melihat beberapa hal:

A. Pola Konsumsi Podcast

  1. Mayoritas sudah sangat familiar dengan podcast, bahkan 80,1% terakhir mendengarkan podcast dalam 1 Minggu terakhir.
  2. Lebih dari 41 % responden mendengarkan podcast di atas jam 8 malam.
  3. 50,6% mendengarkan podcast di rumah
  4. Kebanyakan mereka mendapatkan informasi tentang podcast dari media sosial (36,4%)
  5. Platform media sosial yang digunakan kebanyakan adalah Instagram (52%) dan Twitter (30,5%)
  6. Hampir 50% mendengarkan podcast menggunakan Spotify diikuti oleh Anchor dan Soundcloud. Menariknya dari sisi platform, ada 5 layanan podcast lokal yang disebut yakni Inspigo, Dengar Radio, Noice, Penyu FM dan Kaskus Podcast.

B. Konten Podcast

  1. Mayoritas pendengar yang ikut dalam survei ini menilai konten durasi ideal sebuah podcast adalah antara 15-30 menit (39,2%) dan 30-45 menit (38,6%)
  2. Ada kecenderungan mereka menyukai tema podcast yang berisi obrolan-obrolan santai tentang sebuah topik, membahas peristiwa aktual, komedi, keilmuwan, dan psikologi. Topik lain yang juga menarik adalah olahraga, buku, sastra, film dan bisnis.
  3. Mayoritas menilai topik yang menarik masih menjadi daya tarik (30,5%), diikuti oleh cara membawakan (24,8%)

C. Podcast yang Sering Didengarkan

Di bagian ini responden diberikan kebebasan untuk menyebut podcast apa saja yang paling sering mereka dengarkan. Hasilnya menunjukkan beberapa trend sebagai berikut:

  1. Agaknya ada pergeseran dari pola podcast solo yang pernah sangat populer, ke podcast “keroyokan” atau multihost yang polanya adalah obrolan tentang berbagai macam topik
  2. Kemasan podcast yang muncul di 2019 ini nampak lebih profesional baik dari segi kualitas suara hingga editing. Bahkan ada yang sampai bikin jingle sendiri. Wajar agaknya, apalagi melihat banyak orang-orang radio yang juga mulai terjun ke dunia podcast.
  3. Makin banyak nama-nama yang sudah terkenal yang kini merambah podcast, mulai dari influencer media sosial hingga selebriti dan sudah pasti melesat cepat.
  4. Ada kecenderungan podcast-podcast ini tergabung dalam satu network atau jaringan podcast sehingga mereka bisa berbagi resource, teknis, kreatif dan pendengar. Sebuah kecenderungan menarik yang mirip sekali dengan pola radio-radio swasta di Indonesia dalam beberapa dekade terakhir.
  5. Namun pada saat yang bersamaan, banyak juga podcast-podcast lain yang meskipun hanya disebut oleh satu dua responden, namun menunjukkan keberagaman baik dari segi tema, konten, maupun hostnya.

Hasil lengkapnya bisa dilihat di bawah ini atau diunduh di sini.

Sementara analisis lengkap dari survei ini akan diulas di Suarane Podcast dalam beberapa hari mendatang. Jangan lupa subscribe aplikasi podcast kalian untuk mendengarkan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak untuk yang sudah berpartisipasi. Beberapa responden akan diundi untuk mendapatkan sekadar kenang-kenangan sebagai bentuk apresiasi. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *