Episode 13 – Tak Tun Tuang!

Episode ke 13 ini mengulas tentang fenomena viralnya sebuah lagu Minang di Thailand dan apa yang menarik dari lagu itu. Lagu ini mulai viral sekitar pertengahan November lalu di Thailand gara-gara sebuah video klip yang menampilkan seorang artis dari Padang menyanyikan sebuah lagu dengan gaya yang lucu. Saya coba telusuri, termasuk bertanya ke seorang teman warga Thailand dan juga melacak pihak yang menciptakan video klip ini pertama kalinya sampai bisa viral.   

Hasilnya, onde mande, rancak bana! 😀

Bisa didengarkan di player di bawah ini atau langsung dengar di Soundcloud.



Catatan episode ini:

  • Terima kasih untuk Nelson Sikumbang di Batam yang sudah bersedia diajak ngobrol. Mohon maaf kualitas suara kurang memadai sehingga harus banyak editing. Silahkan kenalan dengan beliau di Facebooknya atau lihat karya-karyanya di YouTube.
  • Terima kasih untuk Anisa Syuria Lestari yang sudah menghubungkan saya dengan Bang Nelson. 🙂 Ternyata nyanyi juga ya. Keren!! Sukses Nisa!
  • Terima kasih untuk Pak Mollakarn yang membantu memberikan latar belakang viralnya lagu ini di Thailand. Pak Karn ini pernah hadir di Suarane Podcast episode ke 10.
  • *Disclaimer: Semua cuplikan lagu di episode ini hak ciptanya ada pada komposer, dan pemilik aslinya. Saya hanya menggunakannya dalam bentuk cuplikan pendek yang terkait dengan cerita dalam podcast ini, dan bukan untuk kepentingan komersial.

Link YouTube yang dipakai di episode ini:


Link lain:

 

Catatan Teknis:
Episode ini diedit menggunakan Audacity. Leveling audio menggunakan Levelator. Untuk merekam audio di YouTube menggunakan Audio Hijack Pro (recommended buat yang ingin serius di Podcasting, termasuk untuk merekam Skype atau audio apapun di browser dengan kualitas bagus). Wawancara Pak Karn menggunakan Hindenburg Field Recorder di iPad. Wawancara dengan Bang Nelson menggunakan Whatsapp Audio Call 🙂

Episode kali ini sangat menantang karena kualitas audio yang berbeda-beda mulai dari musik, sampai kualitas wawancara yang tidak bagus. Untung sedikit banyak terbantu dengan Levelator. Sangat saya rekomendasikan buat para podcaster.

Pertanyaan atau komentar silahkan hubungi di sini atau ke suarane [@] gmail.com

Eps.13 – Tak Tun Tuang! by Suarane is licensed under a  Creative Commons License.

 

Direkam dan diproduksi di Bangkok, 4 Desember 2017

-rh-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *