Tentang Podcast Suarane

Suarane itu apa?

Suarane adalah acara-acara podcast yang diproduksi dan dibawakan oleh saya, Rane Hafied, dan Insya Allah hadir setiap minggu.

Sejauh ini saya punya dua channel podcast.

  1. SUARANE PODCAST
    Ini adalah Podcast mingguan yang intinya adalah obrolan dengan macam-macam orang dari berbagai kalangan. Suarane Podcast ingin sekali menjadi sarana untuk bercerita bagi siapapun karena seringkali orang lain, siapapun dia, apapun profesinya, bisa menjadi inspirasi bagi sesama.
    Suarane podcast kini tersedia di Apple Podcast, Soundcloud, Spotify, Google Podcast, Anchor dll

    suarane

  2. KEPO BUKU
    Dari namanya sudah jelas, ini podcast yang melulu bicara soal buku, buku dan buku. Kepo Buku berangkat dari kebiasaan saya untuk selalu menghubungi teman hanya untuk bertanya: “Lo lagi baca buku apa?” Soalnya rekomendasi buku teman buat saya lebih terpercaya ketimbang rekomendasi buku di rak-rak toko buku yang sudah diembel-embeli tulisan “best seller.

    Kepo buku dibawakan oleh tiga orang di tiga negara yaitu saya dari Bangkok, Steven Sitongan dari Ambon dan Hertoto Eko dari Singapura. Kami dipersatukan oleh dua hobi: Ngobrol dan Buku.

    Sampai sejauh ini Kepo buku tersedia di Anchor, Google Podcast, Spotify, Breaker, Pocket Casts, Radio Public dan Stitcher

    kepo

 

Oke, bagaimana cara mendengarkan podcast Suarane dan Kepo Buku?

Ada macam-macam cara.

1. Suarane.org – Ini cara paling gampang dah yaitu lewat lewat situs web ini tentu saja. Mau lihat setiap episode podcast Suarane dan Kepo Buku, Tinggal cari episode yang kalian mau dan dengarkan dari player yang tersedia di setiap episode di sana. Oya, website ini sangat mobile friendly jadi lancar jaya kalau dibuka dari ponsel.

2. Soundcloud.com – Soundcloud adalah layanan penyimpanan dan distribusi audio, baik itu musik maupun podcast. Cari saja akun “suarane” atau klik saja soundcloud.com/suarane dan akan muncul setiap episode yang bisa langsung didengarkan.

Anda juga bisa mengunduh/ download setiap episode dan didengarkan di lain waktu walau tanpa koneksi internet.  Caranya klik icon bergambar tiga titik (…) yang ada di bagian bawah di setiap episode dan pilih download. Beres.

download

3. Apple Podcast – Buat pengguna iOS (iPhone/ iPad), buka aplikasi iTunes atau aplikasi “Podcast” dan lakukan pencarian “Suarane“. Klik “Play” di setiap episode dan jangan lupa klik “Subscribe” untuk  mendapat notifikasi setiap ada episode baru. Untuk saat ini Kepo Buku belum tersedia di Apple Podcast. Sorry, Apple. Your lost hahaha

4. Google Podcast – Biar ketinggalan dari Apple, tapi Google nggak mau ketinggalan merambah dunia podcast. Coba unduh aplikasi Google Podcast di sini dan lakukan pencarian dengan kata kunci “Suarane” atau “Kepo Buku”  Jangan lupa “Subscribe” supaya tidak susah-susah lagi mencari podcast ini

5. Spotify – Iya, betul, Spotify yang aplikasi streaming musik itu juga punya channel podcast. Lakukan pencarian “Suarane” atau “Kepo Buku” di Spotify. Gratis! Nggak perlu bayar bulanan buat langganan podcast. Yang penting klik tanda hati di sudut kanan atas sampai berubah jadi warna hijau. Itu cara subscribe ala Spotify.

6. Aplikasi Podcast lain – Ada banyak sekali aplikasi podcasting baik di ponsel iOS atau Android. Untuk pengguna Android, saya rekomendasikan aplikasi Podcast Addict. Dari aplikasi itu, lakukan pencarian dengan kata kunci  “suarane” atau “Kepo Buku“. Jangan lupa klik subscribe untuk berlangganan setiap episode secara otomatis.

Beres!

Apa? Belum tahu apa itu podcast? Lanjut baca..

Ya, podcast itu mahluk apa sih?

Ada banyak definisi tentang podcast, tapi penjelasan sederhananya begini:

Podcast adalah file audio/ suara (kebanyakan format mp3) yang diunggah secara berkala ke internet dan bisa diunduh dan didengarkan oleh siapapun, di manapun.

Titik! 🙂

Ya kalau masih penasaran, ada penjelasan lanjutan lagi kok.

Yang menjadi ciri lain dari podcast adalah karena kita bisa berlangganan setiap episode podcast dengan menggunakan berbagai aplikasi podcast yang tersedia seperti Podcast dan iTunes (iOS), Podcast Addict (Android), TuneIn Radio (iOS, Android) dan aplikasi podcast lainnya.

Pernah dengar radio? Nah, podcast kurang lebih adalah acara-acara radio yang bisa diunduh dan didengarkan kapan saja tanpa harus terikat waktu-waktu tertentu seperti karakteristik radio siaran lainnya.

Buat yang tertarik lebih jauh tentang podcast, bisa juga baca beberapa informasi berikut

  • FAQ Apple iTunes – Lumayan lengkap dan bermanfaat terutama buat pengguna iOS
  • What is a Podcast? – Penjelasan singkat tapi pada ini dipersembahkan oleh website “International Podcast Day”
  • Podcast menurut Wikipedia – Nggak lengkap rasanya kalau tidak menyertakan penjelasan dari Wiki ini
  • Uses of Podcasting – Artikel wiki yang satu ini keren dan komprehensif banget. Penting buat yang lagi nyari ide podcasting!

Masih perlu definisi lagi? Ah udah lah jangan kebanyakan definisi. Pusing nanti.. Lebih baik mulai coba dengerin podcast aja. Salah satunya ya di suarane.org ini 🙂

 Oke, saya juga mau bikin podcast.Bisa nggak?

Bisa banget! Mari kita bicara. Saya selalu senang berbagi pengetahuan.

Tapi bikin podcast itu ribet nggak sih? Alatnya harus beli lagi ya?

Gampang banget! Gini aja deh, coba cari alat perekam suara yang hampir pasti ada di ponsel Anda. Dengan alat itu saja Anda sudah bisa bikin podcast sederhana.

Tapi saya mau lengkap dengan dengan musik dan dicampur-campur wawancara dan lain sebagainya. Kayak podcast Suarane lah. Bisa? Perlu beli alat atau aplikasi apa?

Ngapain beli kalau ada yang gratis (dan resmi, bukan ngebajak)? Beneran! Anda bisa bisa bikin podcast profesional dengan alat-alat yang sudah Anda punya dan aplikasi atau software gratisan. Pokoknya modal nyaris nol. (nyaris nol karena masih perlu koneksi internet atau data ya).

Caranyaaa? Caranyaaa?

Wah jadi panjang nih. Gini aja deh. Kontak saya dan mari kita bicara. Saya selalu senang berbagi pengetahuan.

Salam!

-updated 26/07/2018