Blog: Tom Hanks di Desert Island Discs

Kalau harus memilih satu acara radio paling keren, saya akan pilih Desert Island Discs dari BBC Radio 4. Acara ini patut menghilhami orang-orang radio dimanapun dalam hal idenya yang sederhana dan bagaimana mempertahankan acara yang hingga kini sudah lebih dari 74 tahun mengudara. Sudah 3000 lebih tamu yang datang ke acara ini dan saya baru saja menemukan satu lagi tamu favorit dari edisi 8 Mei 2016: Tom Hanks.

Gagasan acara ini sederhana saja. Setiap tamu diminta untuk membayangkan diri mereka didamparkan di sebuah pulau terpencil dan hanya boleh membawa 8 buah lagu. Nah cerita tentang lagu-lagu itulah yang menarik karena kita bisa juga melihat latar belakang kehidupan si tamu, perjalanan hidupnya dan lain sebagainya, dan di episode ini Tom Hanks menceritakannya dengan sempurna.

Tom Hanks memang orang yang sangat artikulatif dan gaya bicaranya ini juga patut jadi inspirasi buat orang radio. Dia bisa bercerita dengan begitu menarik, detil dan deskriptif. Dasar aktor kelas wahid, dia bisa memainkan emosi pendengar dengan cerita-ceritanya. Ini juga tidak lepas dari cara Kirsty Young -si pembawa acara- menggali cerita bahkan sempat membuat Tom menangis.

Acara ini buat saya sangat inspiratif. Menyimak caranya menceritakan latar belakang lagu-lagu yang dia pilih, saya membayangkan andai saja para penyiar bisa bercerita seperti itu. Pilihan lagu-lagunya juga menarik, mulai dari musik klasik sampai ke rap. Pokoknya banyak yang bisa kita pelajari.

Buat saya pribadi, ada satu kutipan menarik dan sangat mengena dari Om Tom ini. Dia sejak kecil mengaku sering sekali merasa kesepian. Namun di usianya yang sudah 60-an, dia justru menemukan pelajaran dari rasa sepi itu: “Loneliness is to be avoided. Solitude is to be sought.” Dalem, bro!!

Silahkan dengarkan episode podcastnya di sini atau unduh langsung di sini. 

Tautan terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *