stories

Trik Menggunakan Instagram Stories

Awal bulan ini Instagram menambah fitur baru bernama Stories. Nah, kali ini saya mau berbagi beberapa beberapa trik yang saya dapatkan setelah beberapa minggu ini aktif menggunakan fitur Instagram Stories. Semoga bermanfaat. Kalau punya trik lain boleh dong dibagi..

~~~

Apa bedanya Instagram Stories dengan posting Instagram biasa?

Sederhana saja. Biasanya kita cenderung memilih foto atau video paling bagus (itupun masih di edit, tambah filter ini itu dll) untuk di posting di Instagram. Tapi, lewat fitur Stories kita bisa berbagi lebih banyak cerita keseharian kita lewat foto dan video dan akan ditampilkan dalam bentuk slideshow. Stories ini hanya bisa dilihat selama 24 jam, setelah itu hilang, kecuali di simpan/ save.

~~~

Bagaimana melihat Instagram Stories orang lain?

Klik icon gambar rumah di kiri bawah. Lihat ke atas akan ada deretan gambar icon dari teman kita yang baru membuat Stories. Cukup klik salah satu foto profil untuk melihatnya.

Kalau deretan gambar profil seperti di atas tidak muncul, kemungkinan aplikasi Anda belum di update.

~~~

Cara membuat Instagram Stories?

1. Klik icon gambar rumah di kiri bawah

insta3

2. Di bagian kiri atas ada tanda (+) di dalam lingkaran. Klik tanda itu untuk membuka layar.

insta2

3. Untuk mengambil gambar tekan tombol lingkaran di bawah tengah. Untuk mengambil video tekan dan tahan (video hanya berdurasi 10 detik)

insta4b

4. Edit foto kalau mau

5. Klik DONE

6. Klik tanda panah ke atas (atau tanda check/contreng) untuk mengunggah atau klik tanda panah ke bawah di kanan bawah untuk mengunduh sebagai arsip (soalnya Stories ini cuma akan ada selama 24 jam)

insta6

~~~

Apa saja fitur editingnya? Ada filternya nggak?

Ini yang menarik. Ternyata ada banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan:

~~~

Corat-coret di atas gambar atau video:

1. Klik icon pena di kanan atas.

insta5

2. Ada tiga pilihan yaitu pena, highlighter dan pena dengan efek warna di pinggirnya (glowing).

insta7

3. Di deretan bawah kita bisa memilih warna, dan di paling kiri dari pilihan warna kita bisa mengubah ukuran pena.

insta8

 

~~~

Membuat tulisan di atas gambar atau video:

Setelah mengambil gambar atau video, di kanan atas ada icon “Aa”.

insta5

Klik di situ lalu klik di mana saja di atas gambar untuk mengetik. Klik di atas tulisan untuk memindahkannya ke mana saja di layar.

~~~

Filter?

Nah, tidak banyak yang tahu kalau Instagram Stories juga punya pilihan filter walau sekarang baru ada 6 pilihan. Caranya?

Setelah mengambil gambar atau video, lakukan swipe atau menyapu ke arah kanan atau kiri di layar untuk melihat filter-filter yang ada.

~~~

Oke.. Saya lebih nyaman mengambil gambar atau video dulu baru di upload ke Instagram Stories. Bisa?

Bisa! Ini juga fitur yang jarang diketahui orang, padahal caranya gampang sekali.

1. Setelah klik tanda (+), akan muncul layar untuk mengambil gambar.

insta2

2. Swipe atau sapukan jari di layar ke arah bawah. Maka akan muncul pilihan foto atau video yang sudah kita ambil (hanya ada foto atau video pilihan dari 24 jam terakhir ya).

insta9
3. Klik salah satu foto atau video.
4. Edit kalau mau
5. Upload. Beress!

~~~

Apa Instagram Stories bisa dikomentari?

Saat ini belum. Tapi kita bisa mengirim komentar itu lewat fasilitas “Send Message” yang ada di kiri bawah dan akan langsung masuk ke kotak pesan Instagram si penerima.

~~~

Oke, tapi saya belum paham bedanya Instagram Stories dengan posting Instagram biasa. Buat apa sih ini Stories?

Intinya, menurut saya, Stories adalah jalinan cerita keseharian kita yang ditampilkan secara bersambung dalam bentuk slideshow dan hanya bisa dilihat selama 24 jam (kecuali di simpan/ save).

Nah, kalau ada gambar atau video di Stories yang kita anggap bagus dan mau dijadikan posting Instagram, tinggal save/ simpan, lalu di post ke Instagram. Beres tho

~~~

Buat apa sih Instagram Stories ini?

Macam-macam. Mulai dari yang sekedar narsis mau cerita kesehariannya, sampai ke cerita yang lebih spesifik seperti misalnya review singkat makanan, review tempat jalan-jalan, pamer dagangan, cerita behind the scenes, acara-acara khusus, teaser video atau promo blog post. dll. Kata kuncinya: CERITA! Stories!

~~~

Ah, ini mah Snapchat! Niru nih Instagram.

Saya bukan orang Instagram, tapi iya sih. Memang niru. Tapi sebagai pengguna setia Instagram, saya memilih Stories ketimbang Snapchat karena tidak perlu gonta-ganti aplikasi lagi. Audiencenya juga sudah ada toh.. Tapi itu karena saya pengguna Instagram ya…

Mau tahu siapa saja yang sudah melihat Stories kita? Klik saja icon kita di kiri atas. Akan tampil gambar Stories kita. Perhatikan di tengah bawah ada icon mata dan di sebelahnya ada angka. Itu jumlah orang yang sudah melihat. Klik pada angka untuk melihat siapa saja yang sudah kepo dengan Instagram Stories kita hehehe

~~~

Begitu dulu. Ada trik-trik lain yang mungkin Anda sudah ketemu dari Instagram Stories? Bagi dong..

Oya, jangan lupa follow Instagram saya di:

http://instagram.com/rane

~~~

*Catatan: Artikel ini dibuat dengan mengacu pada aplikasi Instagram di ponsel Android. Tampilan di iOS bisa saja sedikit berbeda.

-Pondok Indah, 25 Agustus 2016

Tautan Terkait:

Tags: , ,
Previous post
Next post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *