Ah, Teori

Teori lahir dari praktek, bukan sebaliknya. Inilah beberapa “teori” radio itu.

Radio 2.0

Integrasi dunia teknologi informasi dan ulasan situs-situs menarik dari dunia radio siaran.

Programa

Belajar dari program-program dan stasiun radio-radio menarik. Semoga terinspirasi.

Sosok

Belajar dari tulisan dan ulasan dari sosok-sosok inspiratif di dunia radio.

Suara

Rekaman-rekaman suara yang diunggah ke web. Ada yang menyebutnya podcast.

Home » Radio 2.0

Memaksimalkan Fungsi Perekam Suara Via Blackberry

Submitted by on 4 March 2010 – 7:49 am5 Comments | 5,421 views

Anda pengguna Blackberry (BB) harusnya sudah tahu bahwa ponsel ‘sejuta umat’ itu dilengkapi dengan fungsi Voice Note untuk merekam suara yang cukup bagus. Saya lantas berpikir, apa yang bisa dimanfaatkan dari fungsi ini untuk kita orang radio? Hasilnya adalah tulisan ini, yang ingin sekedar berbagi ide soal bagaimana memaksimalkan fungsi voice note itu bagi kita orang radio. (Oya, di bagian akhir tulisan ini anda bisa menemukan tautan ke berbagai perangkat lunak atau layanan yang saya ulas di tulisan ini atau tulisan sebelumnya)

Saat pertama kali menggunakan BB, satu hal yang awalnya menecewakan saya adalah karena seperti halnya beberapa ponsel merek lain, fungsi perekam suaranya hanya bisa menyimpan dalam format amr atau singkatan dari Adaptive Multi Rate. Ini adalah format kompresi audio standar yang biasa digunakan pada fungsi perekam suara percakapan di ponsel.

Kekurangan format ini adalah karena tidak bisa diputar atau di edit dengan perangkat lunak standar. (Namun masalah ini ada jalan keluarnya dan akan saya ulas belakangan). Sementara kelebihan format ini adalah ukuran file yang kecil (hanya sekitar 100Kb per 1 menit), sehingga memudahkan untuk mengirim file tersebut via email di blackberry.

Kelebihan format ini harusnya membuka berbagai macam kemungkinan bagi kita orang radio atau podcaster. Berikut ini saya mencoba mengulas beberapa diantaranya.

1. Reporter kita di lapangan, misalnya, bisa mengirim laporannya ke studio kapan saja via email di BB nya. Memang menerima langsung laporan via telepon akan lebih praktis dan cepat, tapi cara ini bisa menjadi alternatif pengiriman suara.

2. Hasil wawancara atau soundbyte yang direkam dan dikirim dengan alat ini juga akan lebih jelas ketimbang mengandalkan teknik menodong ponsel ke spiker yang hingga kini masih banyak dipraktekkan orang radio di lapangan, yang kadang sangat tergantung kualitas jaringan telepon. Hasilnya bisa kita gunakan untuk bulletin berita, misalnya. Jadi tugas reporter di lapangan bisa lebih dimaksimalkan.

3. Dengan memanfaatkan layanan blog seperti posterous, kita bisa memberikan nilai tambah pada layanan internet stasiun radio kita, karena kita bisa memasang update berita terbaru secara rutin di internet. (penjelasan lengkap lihat bagian ‘tautan terkait’ di akhir tulisan ini)

4. Dengan makin banyaknya pengguna BB, banyak potensi yang bisa kita maksimalkan dari pendengar yang menggunakan ponsel jenis ini. Misalnya, ketimbang berpartisipasi memberikan pendapat atau bertanya via sms, kenapa tidak ajak juga pendengar mengirimkan pendapatnya dalam bentuk rekaman suara dan dikirim via email blackberry ke studio? Bukankah esensi radio adalah suara?

Empat contoh di atas bisa jadi hanyalah segelintir dari berbagai kemungkinan yang bisa dimanfaatkan dan tinggal tergantung anda, karena saya yakin modal utama orang radio itu adalah kreatifitas.

Mengedit dan Memutar File amr

Seperti di ulas di atas, salah satu kendala dari file amr ini adalah karena ia tidak bisa diputar dan diedit dengan perangkat lunak standar. Namun setiap masalah ada jalan keluarnya kalau mau dicari. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat lunak pengalih atau converter. Switch adalah salah satu perangkat lunak yang saya sarankan (lihat tautan di akhir tulisan ini).

Cara lain yang lebih praktis adalah dengan menggunakan perangkat lunak yang bisa memutar file amr berikut ini:

1. amr player: Yang pertama dan paling saya rekomendasikan adalah amr player. Ini adalah perangkat lunak khusus untuk memutar file amr yang bisa diunduh secara gratis ke komputer anda. Perangkat lunak ini bahkan bisa sekaligus berfungsi sebagai converter dari amr ke format mp3 atau wav.

2. Perangkat lunak lain yang juga bisa memutar file amr adalah: quicktime dan real player.

VR+ Voice Recorder untuk Blackberry
Satu perangkat lunak lain yang juga perlu saya ulas disini adalah VR+ Voice Recorder, yakni perangkat lunak di ponsel BB (dan juga iPhone). Dengan perangkat lunak ini , suara dalam format AMR yang kita rekam di blackberry bisa di kirim langsung via email dan akan diterima sudah dalam format MP3. Cocok untuk senjata para reporter radio di lapangan dalam mengirimkan berita ke studio agar bisa langsung di edit.

Sekali lagi, teknik yang saya sodorkan ini memang masih perlu disempurnakan. Namun saya hanya membuka satu lagi kemungkinan untuk mengembangkan kreativitas. Selanjutnya terserah anda..

Mungkin perlu dicatat pula bahwa apa yang saya ulas ini bukan hal baru. Selain Blackberry, banyak ponsel lain yang juga bisa merekam suara dan mengirimkan hasilnya langsung via email atau mms. Namun menurut saya, suara format amr di BB memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan hp lain yang pernah saya gunakan.

Salam,
Rane

Tautan terkait:

:: amr Player: Perangkat lunak khusus untuk memutar file amr yang bentuk dan penggunaannya sangat sederhana. Lebih dari itu, amr player ini juga bisa mengkonversi file amr ke mp3 atau wav. Kelebihan lain: gratis! Baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial.

:: Switch: Perangkat lunak untuk mengubah format file audio amr menjadi mp3 atau wav. Gratis!

:: VR+ Voice Recorder: Perangkat lunak perekam suara untuk Blackberry dan iPhone/iPod Touch. Dilengkapi dengan kemampuan untuk mengirimkan hasil rekamannya ke Facebook, MySpace, Twitter dan Blogger.com. Harga kurang lebih 29 USD, tapi tersedia versi uji coba (trial nya)

:: amr Player lain: 5 perangkat lunak terbaik untuk memutar file amr menurut situs downloadatoz. Gratis!

:: Audacity: Perangkat lunak gratis terbaik untuk mengedit suara.

:: Merekan Wawacara Telepon di Ponsel: Ulasan tentang perangkat lunak untuk merekam wawancara via telepon melalui ponsel yang dulu sering jadi andalan saya saat bertugas liputan lapangan.

:: Posterous: Sebuah layanan blog paling sederhana yang memanfaatkan email. Layanan ini juga memungkinkankan kita mengirim berbagai format suara (wav, mp3, amr, ogg) lewat email dan akan langsung terpasang di blog tersebut lengkap dengan pemutar/ playernya.

:: Suarane on Posterous: Contoh penggunaan posterous untuk mengupload file audio.

Popularity: 19% [?]

5 Comments »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.